Standarisasi

Chemistry laboratory workspace and science equipment concept. The chemical background, banner, cover. Science, education, chemistry, experiment, laboratory concept. vector illustration in flat design

      Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor : 49/M-IND/PER/6/2006 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Balai Riset Dan Standardisasi Industri, Balai Riset dan Standardisasi Industri Pontianak (selanjutnya disebut Baristand Industri Pontianak) adalah salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri. 

    Selain memiliki tugas melaksanakan riset, Baristand Industri Pontianak juga bertugas untuk melaksanakan standardisasi serta sertifikasi di bidang industri yang berada di bawah tanggung jawab Seksi Standardisasi dan Sertifikasi. Sedangkan untuk fungsinya, Seksi Standardisasi dan Sertifikasi mempunyai wewenang melakukan penyiapan bahan perumusan dan penerapan standar, pengujian dan sertifikasi dalam bidang bahan baku, bahan penolong, proses, peralatan/mesin, dan hasil produk. 

       Untuk mengakomodir tugas dan fungsi tersebut, Baristand Industri Pontianak memiliki laboratorium penguji dan kalibrasi serta berupaya untuk terus menerus melengkapi dan memperbaharui peralatan dan instrumen yang dibutuhkan. Selain itu Baristand Industri Pontianak menyediakan layanan di bidang standardisasi dan sertifikasi berupa jasa pengujian, kalibrasi dan sertifikasi produk.